-->
Home » » Download Aplikasi Penilaian Kinerja Guru offline

Download Aplikasi Penilaian Kinerja Guru offline

Written By Kang Hero on 10/11/14 | October 11, 2014


Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan penilaian kinerja guru yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan. 
Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Selain hal tersebut penilaian kinerja guru juga untuk menunjukkan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan, sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional.

Untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang profesional di bidangnya, maka penilaian kinerja guru harus dilakukan terhadap guru di semua satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.
Terkait dengan PKG pada situs http://padamu.siap.web.id Kepala Sekolah diharuskan untuk mengisi Penilaian Kinerja Guru secara online sebagai prasyarat keaktifan Kepala Sekolah.
Penilaian Kinerja Guru Ofline

Postingan kali ini saya menyertakan format microsoft Excel untuk mengaplikasikan penilaian secara offline. Sebagai bahan penilaian sebelum dientri secara online untuk menentukan hasil yang ingin dicapai oleh masing-masing guru.
Tampilan seperti di bawah
Aplikasi Penilaian Kinerja Guru Offline


 Penilaian Kinerja Guru Offline dilengkapi dengan Lembar Catatan Fakta

Kang Hero. Powered by Blogger.