-->
Home » » RPP Kelas 4 Semester 1 Tema Mari Belajar Al-qur’an Surah al-Falaq

RPP Kelas 4 Semester 1 Tema Mari Belajar Al-qur’an Surah al-Falaq

Written By Kang Hero on 9/8/17 | September 08, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ...............................................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pembelajaran : 1
Tema : Mari Belajar Al-qur’an Surah al-Falaq
Subtema : Belajar Al-qur’an Surah al-Falaq
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
  1. Kompetensi Inti
  2. KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
    KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  3. Kompetensi Dasar
  4. 3.6 Mengetahui Q.S. al-Falaq, al-Ma‘un dan al-Fiil dengan baik dan benar.
    4.6.1 Membaca Q.S. al-Falaq, al-Ma’un dan al-Fiil dengan tartil.
    4.6.2 Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq, al-Ma’un dan al-Fiil dengan benar.
    4.6.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq, al-Ma’un dan al-Fiil dengan lancar.
  5. Indikator Pencapaian Kompetensi
    • Siswa mampu membaca Q.S. al-Maa’un dan Q.S. al-Falaq dengan tartil.
    • Siswa mampu menulis kalimat Q.S. al-Ma’uan dan Q.S. al-Falaq.
    • Siswa mampu menghafalkan Q.S. al-Maa’un dan Q.S. al-Falaq
    • Siswa mengetahui makna surah al-Maa’un.
    • Siswa mampu bersikap saling mengingatkan dan mencontohkanya.
  6. Tujuan Pembelajaran

  7. Peserta didik mampu:
    • Mengetahui Q.S. al-Falaq dengan baik dan benar.
    • Membaca Q.S. al-Falaq dengan tartil.
    • Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq.
    • Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq.
  8. Materi Pembelajaran

  9. Q.S. al-Falaq , Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at-Fiil.
  10. Metode Pembelajaran
  11. 1. Pendekatan : Sientifik
    2. Metode : a) Observasi
    b) Diskusi
    c) Presentasi
    d) Demontrasi
  12. Sumber Belajar
    • Al-qur’an dan terjemahan
    • Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas IV
    • Lingkungan sekitar
  13. Langkah-langkah Pembelajaran
  14. No Kegiatan Waktu
    1
    Pendahuluan
    • Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu: “Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
    • “Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik.
    • Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surah Al Fatihah.
    • Guru mengarahkan kesiapan diri peserta didik dan kehadiran peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran.
    • Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema mari belajar al-Qur’an surah al-Falaq-menghafal surah al-Falaq.
    • Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
    • Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran
    10 menit
    2
    Kegiatan Inti
    • Mengamati
      • Peserta didik diajak mengamati dan menceritakan isi gambar.
      • Guru memberi motivasi bagaimana kelebihan orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir pelajaran ada hikmah, rangkuman, dan ayo berlatih (Lihat buku teks).
      • Peserta didik diminta membaca Q.S. al-Falaq bersama-sama dengan guru.
      • Peserta didik mengamati penggalan Q.S. al-Falaq dan membacanya hingga mahir.
      • Peserta didik membaca Q.S. al-Falaq ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda baca, seperti membedakan sindengan syin,sa’ dengan sin, tasyd dan seterusnya.
    • Menanya
      • Guru menanyakan arti Q.S. al-Falaq. Lihat buku teks
      • Guru menanyakan manfaat Q.S. al-Falaq Lihat buku teks
      • Guru menanyakan cerita yang terkandung di dalam Q.S.al-Falaq
    • Mengekplorasi/menalar.
      • Peserta didik diminta membaca Q.S. al-Falaq bersama-sama dengan guru.
      • Peserta didik membaca Q.S. al-Falaq ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda baca, seperti membedakan sindengan syin,sa’ dengan sin, tasyd dan seterusnya.
      • Guru selalu memberikan penguatan, terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat.
    • Mengasosiasi/ mencoba
      • Peserta didik membaca Q.S. al-Falaq ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda baca, seperti membedakan sindengan syin,sa’ dengan sin, tasyd dan seterusnya.
      • Guru selalu memberikan penguatan, terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat.
      • Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru membimbing peserta didik untuk mendengarkan bacaan Q.S.al-Falaq yang benar dari guru, audio atau radio. Kemudian peserta didik diminta menirukannya secara berulang.
      • Pada kolom “Hikmah,” sebagai motivasi, guru memberikan penjelasan singkat bahwa hadis nabi tersebut menceritakan sya'faat keuntungan bagi orang yang membaca al-Qur'an, yaitu mendapat kebaikan yang berlipat ganda.
    • Komunikasi/demonstrasi/networking
      • Siswa mendemonstrasikan membaca lafal surah Q.S.al-Falaq bersama-sama dengan benar.
      • Siswa menceritakan sya'faat keuntungan bagi orang yang membaca al-Qur'an..
      • Dibantu guru peserta didik membuat kesimpulan
    120 menit
    3
    • Penutup
      • Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
      • Tugas, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
      • Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. al-Falaq di rumah.
      • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
      • Membaca do’a penutupan “Alhamdulillah” Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam
    10 menit
  15. Penilaian Hasil Belajar

  16. Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
    • Membaca

    • Pada penilaian kompetensi membaca Guru terlebih dahulu menentukan rentang nilainya. Semua soal (ayat) no.1 s.d 5 yang tingkat kerumitannya relatif sama. Oleh karena itu bobot dan skornya pun harus sama.Pada penilaian kompetensi membaca Q.S. al-Falaq setiap ayat menggunakan rentang nilai, yaitu sangat baik, baik, sedang, kurang. Ketentuan nilai masing-masing rentang sebagai berikut:
      • Sangat baik, jika membaca tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 90 - 100
      • Baik, jika membaca kurang tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 80 - 89
      • Sedang, jika membaca kurang tartil dan kurang sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 70 - 78
      • Kurang, jika membaca tidak tartil. Rentang nilainya < 70
      Untuk mengamati unjuk kerja peserta didik guru dapat menggunakan alat atau instrumen, misalnya daftar cek (checklist).

      Format Penilaian Membaca al-Quran
      Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
      1 = kurang   2 = sedang   3 = baik   4 = sangat baik

      Penilaian Sikap
      Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
      1 = kurang   2 = sedang   3 = baik   4 = sangat baik

    • Menghafal
    • Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S. al-Falaq

    Contoh Rubrik Penilaian
    1 = kurang   2 = sedang   3 = baik   4 = sangat baik

    Keterangan:




    Sangat baik : Hafalan lancar, tart³l, lagu/berirama Baik : Hafalan lancar sesuai kaidah bacaan
    Sedang : Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan.
    Kurang : Hafalan tidak lancar

    Catatan:
    • Guru dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan kebutuhan.
    • Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilia-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut ini.

    Kriteria dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan, santun, dll.
    Keterangan:
    MK = Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
    MB = Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
    MT = Mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator namun belum konsisten).
    BT = Belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).


    Mengetahui :
    Kepala Sekolah


    .................................
    NIP. ........................
    ........................, ...................... 20...
    Guru Mata Pelajaran


    ..............................
    NIP. ......................

0 komentar:

Post a Comment

Kang Hero. Powered by Blogger.