-->
Home » » Contoh RPP SD Kelas 2 Kurikulum 2013

Contoh RPP SD Kelas 2 Kurikulum 2013

Written By Kang Hero on 10/5/15 | October 05, 2015



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : SDN .........................................
Kelas/Semester          : II / 1 (satu)
Tema/ Subtema/PB  : Hidup Rukun/Hidup Rukun di Rumah/2
Alokasi Waktu           : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)

A.
Kompetensi Inti (KI)

1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.
Menyajikan pengetahuan secara faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.
Kompetensi Dasar dan Indikator

PPKn

Kompetensi Dasar:

1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.

2.1
Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah

3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah

4.3
Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

Indikator:

3.3.2
Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.

4.3.2
Menceritakan kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.


BAHASA INDONESIA

Kompetensi Dasar:

1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.

2.5
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.

3.3
Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

3.5
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.5
Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.


Indikator:

3.3.3
Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.

3.3.4
Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.

4.3.2
Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.

4.3.3
Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.


MATEMATIKA

Kompetensi Dasar:

1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.

3.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan).

4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

Indikator:

3.1.2
Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).

3.1.3
Membaca lambang bilangan sampai 500.

3.1.8
Membilang loncat.

4.1.1
Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.

4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.


PJOK

Kompetensi Dasar:

1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.

2.1
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.

3.2
Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional.

4.2
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.


Indikator:

3.2.1
Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.

4.2.1
Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotordalam bentuk permainan sederhana.

C.
Tujuan Pembelajaran.

1.
Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara ritmis.

2.
Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.

3.
Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.

4.
Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.

5.
Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.

6.
Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengitentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.

7.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.

8.
Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.

9.
Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.

10.
Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.

11.
Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.

12.
Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.

13.
Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.

14.
Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.

D.
Metode Pembelajaran

1.
Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.

2.
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

3.
Menentukan karakter setiap individu di rumah.

4.
Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.

5.
Membaca teks permintaan maaf.

6.
Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf.

7.
Membilah sampai 500.

8.
Melengkapi deret bilangan berpola +1.

9.
Menulis teks buku harian.

E.
Metode Pembelajaran

1.
Metode            : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab

2.
Pendekatan  : saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]

F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1.
Media
:
Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan;
Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.

2.
Alat
:
-

3.
Sumber belajar
:
Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Temtik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan sebuah gambar keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak.
4.      Tanya jawab tentang gambar Hidup Rukun di Rumah.
5.      Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
6.      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun” dan subtema “Hidup Rukun di Rumah”.
10 menit
Kegiatan inti
1.      Guru menunjukkan gambar-gambar tentang hidup rukun di rumah dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang hidup rukun dengan saudara-saudaranya di rumah.
2.      Guru menunjukkan Teks tentang Hidup Rukun di Rumah dan siswa ditugaskan membaca dengan bimbingan guru.
3.      Selanjutnya secara bergantian siswa membaca teks hidup rukun di rumah (mengamati, menyimak, mendengar)
4.      Bertanya jawab tentang tokoh yang ada di dalam teks bacaan dan nama-nama adik dan kakak serta kegiatan apa yang sedang dilakukan (mengkomunikasikan)
5.      Siswa ditugaskan untuk bercerita di depan kelas tentang nama-nama saudaranya (adik dan atau kakaknya yang ada di rumah)
6.      Siswa diajak mengamati syair lagu “Ruri Abangku” (Ciptaan A.T. Mahmud)
Ruri adalah Abangku
Rajin dan senang belajar
Dengan menyandang tas di bahu
Riang menuju sekolah
7.      Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan semangat dan percaya diri (menyimak dan mencoba)
8.      Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abangku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati)
9.      Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati)
10.  Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritmis (mengamati dan mencoba).
11.  Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan menggunakan alat musik ritmis (menalar).
12.  Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
13.  Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
14.  Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
15.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (mengamati dan menalar).
16.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
17.  Menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengkomunikasikan).
18.  Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
19.  Siswa ditugaskan untuk berpasangan dengan teman sebangkunya dan menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
20.  Siswa bersama teman sebangkunya mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun  dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
21.  Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
22.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permintaan maaf yang santun (menanya).
23.  Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
24.  Siswa berpasangan dengan teman sebangkunya membahas apa yang diceritakan di dalam buku harian dan mengapa Udin minta maaf kepada kakaknya.
25.  Semua siswa ditugaskan untuk menulis di dalam bukunya sendiri hasil diskusi pembahasan Udin minta maaf.
26.  Siswa ditugaskan untuk memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
27.  Dilanjutkan dengan berdiskusi tentang buku kakak Udin yang sobek dan buku-buku yang ada di rak buku.
28.  Siswa diminta untuk melaporkan dan mengkomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas diakhiri dengan refleksi.
150 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a.      Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya, dsb.)
b.      Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 menit



H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Sikap
:
Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.      Penilaian Pengetahuan
:
Tes Tertulis
c.       Penilaian Keterampilan
:
Unjuk Kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













.....





























b.      Penilaian Pengetahuan
1)      Menjawab pertanyaan dari buku teks harian
2)      Membilang dengan menggunakan balok dienes atau kubus satuan
3)      Melengkapi bilangan barisan +1

c.       Penilaian Keterampilan
Penilaian : unjuk kerja
Rubrik penilaian menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penguasaan Lagu
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru
2.
Kemampuan memainkan alat musik ritmis
Mampu mengembangkan ritmis dari pola yang disajikan
Hanya mampu memainkan ritmis dari pola yang disajikan, tapi tidak mampu untuk mengembangkan
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan
Tidak mampu sama sekali meniru ritmis yang disajikan.
Penilaian : unjuk kerja
Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai degan dialog.
Monoton, perlu bimbingan.
2.
Lafal
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya
3.
Intonansi
Intonansi sesuai dengan dialog secara konsisten
Intonansi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
Intonansi tidak sesuai dengan dialog
Tanpa intonansi
4.
Volume Suara
Volume Suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas

Penilaian : unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
2.
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan judul atau tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema
Semua isi teks belum sesuai.
3.
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat.
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya.
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya.
Semua kata belum tepat dalam penulisannya.
4.
Penggunaan kalimat yang efektif
Semua kalimat menggunakan kalimat yang efektif.
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.
Kang Hero. Powered by Blogger.