-->
Home » » RPP PAI Kelas 4 Tema Beriman Kepada Allah Swt. dan Rosul-Nya

RPP PAI Kelas 4 Tema Beriman Kepada Allah Swt. dan Rosul-Nya

Written By Kang Hero on 9/8/17 | September 08, 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : ...............................................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pembelajaran : 2
Tema : Beriman Kepada Allah Dan Rosul-Nya
Subtema : Mengenal Allah Swt. Melalui Alam Semesta
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
  1. Kompetensi Inti
  2. KI-1 Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
    KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
    KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  3. Kompetensi Dasar
  4. 1.6 Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
    3.1 Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
    3.3 Mengerti makna Asmaul Husna: al-Basir, al-‘Adl, al-‘Azim.
    4.1 Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
  5. Indikator Pencapaian Kompetensi
    • Siswa menyakini adanya Rosul-rosul Allah Swt.
    • Siswa mengetahui bahwa Allah itu ada berupanya mengenal Allah.
    • Siswa mengerti akan makna asmaul husna : al-Basir, al-‘Adl, al-‘Azim.
  6. Tujuan Pembelajaran
  7. Peserta didik mampu:
    • Mengetahui Allah Swt. itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan- Nya terutama yang ada di sekitar rumah dan sekolah.
    • Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
    • Meyakini adanya Rasul Allah Swt.
  8. Materi Pembelajaran
  9. Beriman kepada Allah Swt dan Rosul Allah
  10. Metode Pembelajaran
  11. 1. Pendekatan : Sientifik
    2. Metode : a) Observasi
    b) Diskusi
    c) Presentasi
    d) Demontrasi
  12. Sumber Belajar
    • Al-qur’an dan terjemahan
    • Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas IV
    • Lingkungan sekitar
  13. Langkah-langkah Pembelajaran
  14. No Kegiatan Waktu
    1
    Pendahuluan
    • Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mencari ilmu: “Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
    • “Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik.
    • Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surah Al Fatihah.
    • Guru mengarahkan kesiapan diri peserta didik dan kehadiran peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran.
    • Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema Beriman kepada Allah Swt dan Rosul Allah.
    • Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
    • Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran
    10 menit
    2
    Kegiatan Inti
    Beriman kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya Guru mengajak peserta didik mencermati dan membaca Q.S. al-Fatiḥah ayat ke 2 berikut! Peserta didik mengamati dan membaca Q.S. al-Fatiḥah ayat ke 2, sebagai berikut: الحمدلله رب العالمين
    Artinya: “Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam”.
    Ayat ini ditampilkan sebagai pembuka pikiran bagi peserta didik untuk mengenal Tuhan melalui alam semesta.
    • Mengamati
      • Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab tentang beriman kepada Allah. Misalnya: “Siapa yang tahu arti iman?”. “Siapa yang hafal rukun iman?”. Dan seterusnya, lihat pelajaran ini pada buku teks!
      • Guru meminta peserta didik membaca percakapan antara sahabat dengan Rasulullah Saw, dan menceritakan kembali isi percakapan itu.
    • Menanya
      • Melalui motivasi dari guru, peserta didik menanya makna beriman kepada Allah Swt. dan Rosul-Nya.
      • Peserta didik mengajukan pertanyaan terkait bagaimana upaya mengenal Allah Swt.?
    • Mengekplorasi/menalar.
      • Apa pengertian iman di dalam cerita itu? Jelaskan! Allah Swt sudah pasti ada. Bagaimana membuktikan Allah itu ada? Jelaskan!
      • Menurut ilmu pengetahuan, Allah Swt menciptakan alam ini terdiri dari banyak ragam. Coba jelaskan ragam ciptaan Allah itu!
      • Guru meminta peserta didik membaca percakapan antara Ahmad dengan ibunya, lalu menceritakan kembali isi percakapan, lihat buku teks!Dari percakapan tersebut, apakah betul Ahmad ragu tentang penciptaan alam? namun akhirnya dia meyakini. Coba ceritakan kisahnya!
    • Mengasosiasi/ mencoba
      • Pada kolom kegiatan “Insya Allah kamu bisa,” untuk penguatan pemahaman, peserta didik secara berpasangan menjelaskan kembali tentang mengenal Allah Swt. Melalui alam semesta. Penilaian terhadap kegiatan ini guru dapat menggunakan contoh rubrik berikut.
      • Rubrik Penguasaan Materi 
          Keterangan:
          • Amat Baik : Jika penjelasan berisi:
            • Bukti Allah Swt. ada, salah satunya adanya alam semesta.
            • Allah Swt menciptakan bermacam makhluk.
            • Ahmad ragu kalau semua benda alam ini ciptaan Allah. Tapi akhirnya dia yakin setelah dijelaskan ibunya.
          • Baik : Jika penjelasan berisi: Dua di antara tiga nomor di atas dapat dijelaskan.
          • Cukup Baik : Jika penjelasan berisi: Satu di antara tiga nomor di atas dapat dijelaskan.
          • Kurang Baik : Jika penjelasan berisi: Ketiga nomor di atas tidak dapat dijelaskan.
        • Komunikasi/demonstrasi/networking
          • Peserta didik secara berpasangan menjelaskan kembali tentang mengenal Allah Swt. Melalui alam semesta.
          • Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
      120 menit
      3
      • Penutup
        • Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
        • Tugas, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
        • Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku peserta didik.
        • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
        • Membaca do’a penutupan “Alhamdulillah” Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam
      10 menit
    • Penilaian Hasil Belajar
    • Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Perhatikan kolom Ayo Berlatih, guru dapat memberikan penilaian sebagai berikut:
      • Jawablah pertanyaan berikut ini!
      • Guru terlebih dahulu membuat bobot atau skor soal. Soal nomor 1 s.d 10 di bawah tingkat kerumitan dan penalarannya relatif sama. Oleh karena itu, setiap butir pertanyaan diberikan bobot dan skornya sama, yaitu 10. Jika keseluruhan pertanyaan dijawab benar maka nilainya 100. Setiap item pertanyaan memiliki kata kunci. Jawaban atas pertanyaan hanya membutuhkan tepat pada satu/salah satu kata kunci nilainya 10. Kata kunci masing-masing item pertanyaan adalah sebagai berikut:
        • Kata kunci: Allah Swt. pencipta alam, Allah Swt. tak bisa dilihat.
        • Kata kunci: Allah Swt. menurunkan al-Qur'an /wahyu, karena ada al-Qur'an kita kenal Allah Swt.
        • Kata kunci: Allah Swt. memiliki nama, dari namanya kita mengenal Allah Swt.
        • Kata kunci: Melalui ciptaan-Nya, melalui Firman-Nya.
        • Kata kunci: Kita selalu dilihat-Nya, agar takut berbuat buruk.
        • Kata kunci: Kita manusia merasa sama.
        • Kata kunci: Agar kita tidak merasa agung, tidak sombong.
        • Kata kunci: Melalui adanya wahyu.
        • Kata kunci: Apa kata Rasul kita ikuti.
        • Kata kunci: Asal jumlah 10 dari nama nabi dan Rasul Allah Swt.
      • Isilah kolom Setuju, tidak Setuju dan Tidak Tahu dengan tanda (ü) berikut
      • alasannya! Guru tidak memberikan skor apa pun, karena tugas ini hanyalah sarana bagi guru untuk mengetahui sejauh mana perubahan sikap yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran.
      • Tugas Kelompok
      • Pada tugas kelompok dapat memberikan penilaian melalui lembar observasi (penilaian sikap) sebagai berikut: 
        Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
         3 = Baik 2 = Sedang 1 = Kurang
        Keterangan 
        Penskoran
      • Baik     = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100 
      • Sedang = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67 
      • Kurang = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33 
        Catatan:
        • Guru dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan kebutuhan.
        • Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilia-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut ini.
          Kriteria dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan, santun, dll. Keterangan:
          MK = Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
          MB = Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
          MT = Mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator namun belum konsisten).
          BT = Belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
          Mengetahui :
          Kepala Sekolah


          .................................
          NIP. ........................
          ........................, ...................... 20...
          Guru Mata Pelajaran


          ..............................
          NIP. ......................

        0 komentar:

        Post a Comment

        Kang Hero. Powered by Blogger.