-->
Home » » RPP PAI Kelas 4 SD Pembelajaran 3

RPP PAI Kelas 4 SD Pembelajaran 3

Written By Kang Hero on 10/17/17 | October 17, 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ...............................................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pelajaran : 3
Tema : Aku Anak Shalih
Subtema : Orang Jujur Disayang Allah
Kelas/Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
  1. Kompetensi Inti
  2. KI-1 Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
    KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
    KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  3. Kompetensi Dasar
  4. 2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Taubah /9: 119.
    2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada Orang tua, dan guru dan sesame anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqmān/31: 14.
    2.3 Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Hadid/57: 9.
    2.6 Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad Saw.
    3.7 Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
    3.15 Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad Saw.
    4.7 Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
    4.15 Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad Saw
  5. Indikator Pencapaian Kompetensi
    • Siswa mampu bersikap dan berperilaku jujur, amanah, hormat, patuh, santun kepada Orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
    • Siswa mampu bersikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
    • Siswa mampu mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama.
  6. Tujuan Pembelajaran
  7. Peserta didik mampu:
    • Bersikap dan berperilaku jujur, amanah, hormat, patuh, santun kepada Orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
    • Bersikap santun dan menghargai teman-teman dalam kehidupan sehari-hari.
    • Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama sesuai tuntunan dari Nabi Muhammad saw.
  8. Materi Pembelajaran
    • Teks perilaku hormat dan patuh kepada Orang tua, dan guru dan sesama.
    • Kisah tentang “Anak Gadis yang Jujur”
  9. Metode Pembelajaran
  10. 1. Pendekatan : Saintifik
    2. Metode : a) Observasi
    b) Diskusi
    c) Presentasi
    d) Demontrasi
  11. Sumber Belajar
    • Al-qur’an dan terjemahan
    • Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas IV
    • Lingkungan sekitar
  12. Langkah-langkah Pembelajaran
  13. No Kegiatan Waktu
    1
    Pendahuluan
    • Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mencari ilmu: “Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
    • “Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik.
    • Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surah Al Fatihah.
    • Guru mengarahkan kesiapan diri peserta didik dan kehadiran peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran.
    • Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema Beriman kepada Allah Swt dan Rosul Allah.
    • Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
    • Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran
    10 menit
    2
    Kegiatan Inti
    • Mengamati
      • Peserta didik melakukan pengamatan terhadap gambar yang ada pada buku teks.
      • Peserta didik menceritakan hasil pengamatannya (lisan/tertulis).
      • Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat makna dan contoh jujur, dan mengapa disayang Allah.
      • Peserta didik membaca kisah tentang “Anak Gadis yang Jujur”. Lihat buku teks.
    • Menanya
      • Melalui motivasi dari guru, peserta didik menanya makna, contoh dan perlunya bersikap jujur.
      • Peserta didik mengajukan pertanyaan tenntang hikmah dari kisah anak gadis yang jujur itu.
    • Mengekplorasi/menalar.
      • Peserta didik membaca kisah tentang “Anak Gadis yang Jujur”. Lihat buku teks.
      • Peserta didik menceritakan tentang “Anak Gadis yang Jujur”.
      • Belajar kelompok, peserta didik mendiskusikan cerita “Anak Gadis yang Jujur”.
      • Guru memberi rambu-rambu, antara lain: Sebutkan tokoh yang ada di dalam cerita, apa isi dialognya, ungkapkan sikap baik atau buruk yang ada pada cerita itu.
      • Sikap apa yang harus dicontoh dari cerita itu? Jelaskan alasanmu!
    • Mengasosiasi/ mencoba
      • Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa ”, peserta didik diminta membaca kembali cerita “Anak Gadis yang Jujur” dan mendiskusikan tentang: Apa hikmah dari kisah itu?
      • Penilaian terhadap kegiatan ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan berikut:
        Rubrik Penguasaan Materi
        • Apa hikmah dari kisah/cerita anak gadis yang jujur itu?
        Keterangan penilaian:
        Amat baik : jika jawaban berisi:
        1. Orang jujur terpelihara dari perbuatan buruk.
        2. Orang jujur disenangi orang lain.
        3. Orang jujur disayang Allah.
        4. Orang jujur jiwanya tenang.
          Baik : jika jawaban berisi:
        Tiga di antara empat nomor di atas dapat dijelaskan
          Cukup : jika jawaban berisi:
        Dua di antara empat nomor di atas dapat dijelaskan
          Kurang : jika jawaban berisi:
        Satu di antara empat nomor di atas dapat dijelaskan
      • Komunikasi/demonstrasi/networking
        • Peserta didik dapat mengetahui makna dari bersikap jujur disayang Allah.
        • Dibantu guru peserta didik membuat kesimpulan.
    120 menit
    3
    • Penutup
      • Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
      • Tugas, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
      • Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku peserta didik.
      • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
      • Membaca do’a penutupan “Alhamdulillah” Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam
    10 menit
  14. Penilaian Hasil Belajar
  15. Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Perhatikan kolom Ayo Berlatih, guru dapat memberikan penilaian sebagai berikut:
    • Jawablah pertanyaan berikut ini!
    • Guru terlebih dahulu membuat bobot atau skor soal. Soal nomor 1 s.d. 10 di bawah tingkat kerumitan dan penalarannya relatif sama. Oleh karena itu, setiap butir pertanyaan diberikan bobot dan skornya sama. Jika keseluruhan pertanyaan dijawab benar maka nilainya baik (nilai dalam bentuk diskripsi). Kunci Jawaban tugas A (Lihat buku teks).
      1. Kata kunci: tidak nyontek, berkata apa adanya
      2. Kata kunci: mengembalikan titipan orang
      3. Kata kunci: mengikuti perintahnya
      4. Kata kunci: mengerjakan tugas yang diberikannya
      5. Kata kunci: tidak bertengkar
      6. Kata kunci: berbicara baik dan lembut
      7. Kata kunci: membantu bila ia perlu
      8. Kata kunci: memaafkannya
    • Isilah kolom Setuju, Tidak Setuju dan Tidak Tahu dengan tanda (v) berikut alasannya!
      Guru tidak memberikan skor apapun, karena tugas ini hanyalah sarana bagi guru untuk mengetahui perubahan sikap yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran..
    • Mari Praktikkan!
      1. Menceritakan pengalaman tentang perilaku:
        - Tidak jujur
        - Tidak amanah
        - Tidak hormat dan patuh
        - Tidak santun dan menghargai
      2. Mengungkapkan perasaan ketika melakukan perbuatan tidak terpuji sebagaimana tersebut diatas.
      3. Meminta ampun kepada Allah dan minta maaf kepada orang yang bersangkutan.
        Keterangan Catatan:
        • Guru dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan kebutuhan.
        • Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilia-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut ini.
        Kriteria dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan, santun, dll. Keterangan:
        MK = Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
        MB = Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
        MT = Mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator namun belum konsisten).
        BT = Belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
        Mengetahui :
        Kepala Sekolah


        .................................
        NIP. ........................
        ........................, ...................... 20...
        Guru Mata Pelajaran


        ..............................
        NIP. ......................

0 komentar:

Post a Comment

Kang Hero. Powered by Blogger.