LATIHAN SOAL-SOAL ULANGAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : V (lima)
Selamat belajar!
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : V (lima)
A. Pilihan Ganda | ||
1.
|
Alat pencernaan makanan yang menghasilkan enzim untuk membantu dalam proses pencernaan makanan secara kimiawi disebut .... | |
a. kelenjar pencernaan | c. saluran pencernaan | |
b. lambung | d. usus halus | |
2.
|
Gerakan meremas-remas yang dilakukan oleh dinding kerongkongan disebut gerak .... | |
a. parabolik | c. memutar | |
b. lurus | d. peristaltik | |
3.
|
Bagian tubuh manusia yang berfungsi mengangkut dan mengedarkan oksigen serta sari-sari makanan ke seluruh tubuh adalah .... | |
a. jantung | c. usus | |
b. paru-paru | d. darah | |
4.
|
Zat hijau daun yang berguna pada proses pembuatan makanan pada tumbuhan adalah .... | |
a. klorofil | c. batang | |
b. akar | d. daun | |
5.
|
Oksigen yang merupakan hasil fotosintesis digunakan oleh manusia dan hewan pada proses .... | |
a. pencernaan | c. pengeluaran | |
b. pernapasan | d. peredaran darah | |
6.
|
Tumbuhan tebu dan sagu menyimpan cadangan makanannya pada bagian .... | |
a. akar | c. batang | |
b. daun | d. buah | |
7.
|
Bentuk paruh burung berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya untuk memperoleh .... | |
a. air | c. udara | |
b. makanan | d. keturunan | |
8.
|
Hewan yang memiliki pelindung tubuh berupa cangkang yang keras adalah .... | |
a. ular | c. burung | |
b. kura-kura | d. cumi-cumi | |
9.
|
Buah nangka, sawo, dan pepaya pada saat masih muda terlindung dari pemangsa yang akan memakannya karena memiliki .... | |
a. duri | c. rasa asam | |
b. bulu-bulu | d. getah | |
10.
|
Kursi yang terdapat di ruang tamu merupakan salah satu benda yang disusun oleh bahan berupa .... | |
a. kayu | c. kaca | |
b. plastik | d. benang | |
11.
|
Bahan yang memiliki sifat tembus pandang, mudah dibentuk, mudah pecah, dan warnanya bening adalah .... | |
a. kayu | c. batu | |
b. kaca | d. benang | |
12.
|
Bahan yang memiliki sifat lentur, kenyal, tidak menghantarkan listrik dan panas, kuat, dan mudah dibentuk adalah .... | |
a. karet | c. kayu | |
b. kaca | d. benang | |
13.
|
Di bawah ini yang merupakan faktor-faktor yang dapat membuat benda mengalami perubahan, kecuali .... | |
a. pembusukan | c. pendinginan | |
b. pemanasan | d. pencairan | |
14.
|
Benda-benda berikut ini dapat mengalami proses perkaratan apabila terkena air atau uap air dalam waktu yang lama, kecuali .... | |
a. rantai sepeda | c. besi | |
b. tiang listrik | d. kayu | |
15.
|
Contoh perubahan wujud yang dapat kembali seperti semula adalah .... | |
a. es batu | c. arang | |
b. besi berkarat | d. nasi |
B. Isian | |
1.
|
Pada manusia pernapasan dapat dilakukan dengan dua cara, yautu pernapasan ... dan pernapasan .... |
2.
|
Dari jantung darah yang kaya akan oksigen ini akan dipompakan ke seluruh tumbuh melalui .... |
3.
|
Tempat keluar dan masuknya zat pada tumbuhan yang terdapat di bagian daun adalah .... |
4.
|
Karbohidrat yang merupakan zat makanan hasil fotosintesis akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui .... |
5.
|
Berdasarkan bentuk kakinya, elang digolongkan ke dalam jenis burung .... |
6.
|
Hewan yang melindungi diri dengan cara memotong ekornya ketika diserang oleh musuh adalah .... |
7.
|
Salah satu jenis bahan yang memilki keunggulan dapat diproduksi dalam jumlah banyak dengan harga yang murah adalah .... |
8.
|
Bahan penyusun utama yang menyusun bola basket, voli, dan tenis adalah .... |
9.
|
Air akan berubah wujudnya menjadi uap atau gas apabila mengalami proses .... |
10.
|
Agar buah tetap segar dan tidak busuk maka buah harus di simpan di dalam .... |
C. Uraian | |
1. | Jelaskan proses peredaran darah dalam tubuh manusia? |
2. | Mengapa karbohidrat hasil proses fotosintesis disimpan dalam bentuk cadangan makanan? |
3. | Sebutkan penggolongan burung berdasarkan bentuk kakinya, dan sebutkan contohnya masing-masing? |
4. | Jelaskan hubungan antara bahan penyusun suatu benda dengan sifat benda yang dimilikinya? |
5. | Apa yang dimaksud dengan perubahan wujud benda yang dapat dibalik? Berikan contohnya! |
0 komentar:
Post a Comment