-->
Home » » Contoh RPP Kurikulum 2013 SD/MI

Contoh RPP Kurikulum 2013 SD/MI

Written By Kang Hero on 5/5/14 | May 05, 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN .........................................
Kelas/Semester  : II / 1 (satu)
Tema/ Subtema/PB : Hidup Rukun/Hidup Rukun di Sekolah/5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan secara faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar:
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator:
3.3.7 Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa.
3.3.8 Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan cita-cita.
4.3.4 Menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan  kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
3.5.11 Menjelaskan arti manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.10 Menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan teman.
PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
Indikator:
3.6.2 Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
3.6.4 Mengidentifikasi penggunaan variasi pola gerak dasar nonlokomotor sesuai irama ( ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.3 Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan iringan musik.
4.6.4 Melangkah keberbagai arah sesuai irama dengan iringan musik.
4.6.5 Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik.
C.
Tujuan Pembelajaran.
1. Dengan mengamati gambar senam irama dengan iringan musik, siswa dapat mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik dengan teliti.
2. Dengan mengamati gambar senam irama dengan iringan musik, siswa dapat mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik dengan teliti.
3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat bergerak bebas meng-ikuti irama (ketukan) dengan iringan musik dengan percaya diri.
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik berdasarkan gambar dengan percaya diri.
5. Dengan mengamati gambar gerakan gajah malenggang, siswa dapat melangkah ke berbagai arah sesuai irama dengan iringan musik dengan percaya diri.
6. Dengan bermain membisikan kalimat, siswa dapat menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah dengan santun.
7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membuat pertanyaan dengan huruf tegak bersambung secara rapi berdasarkan kalimat yang dibisikkan dengan teliti.
8. Dengan penugasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan permainan membisikan kalimat dengan teliti.
9. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa dengan santun.
10. Dengan mengamati gambar aktivitas jasmani, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan gambar dengan teliti.
11. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan arti manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan santun dan percaya diri.
12. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan dengan teliti dan percaya diri.
13. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan cita-cita dengan percaya diri.
14. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan tentang cita-citanya di depan kelas dengan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1. Bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan iringan musik.
2. Mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik berdasarkan gambar.
3. Melangkah ke berbagai arah sesuai irama dengan iringan musik.
4. Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa.
5. Menunjukkan sikap menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan.
6. Menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan cita-cita.
7. Menceritakan tentang cita-citanya di depan kelas.
E.
Metode Pembelajaran
1. Metode
:
penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan
:
saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
:
  • Gambar siswa senam dengan iringan musik.
  • Gambar gerakan gajah malenggang.
  • Gambar tiga kelompok anak berbaris rapi.
  • Gambar aktivitas jasmani.
2. Alat :
3. Sumber belajar : Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas II Tema I “Hidup Rukun”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
   G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
  2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
  3.  Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan sebuah gambar para siswa melakukan senam irama.
  4. Tanya jawab tentang gambar yang ditampilkan.
  5. Mengajak siswa untuk berdinamika dengan mempraktekkan gerakan senam.
  6. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Rukun” dan subtema “Hidup Rukun di Sekolah”.
10 menit
Kegiatan inti
  1. Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar para siswa melakukan senam irama dengan iringan musik dengan teliti.
  2. Siswa mengamati gambar para siswa melakukan senam irama dengan iringan musik (mengamati).
  3. Siswa menanya tentang gambar dengan santun (menanya).
  4. Siswa mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik (menalar).
  5. Siswa mengidentifikasi peggunaan variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik dalam aktivitas gerak ritmik (menalar).
  6. Siswa bergerak bebas mengikuti irama (ketukan) dengan iringan musik dengan bimbingan guru (mencoba).
  7. Siswa mengayunkan lengan ke berbagai arah sesuai irama (ketukan) dengan iringan musik berdasarkan gambar dengan bimbingsn guru (mencoba).
  8. Siswa mengamati gambar gerakan gajah malenggang (mengamati).
  9. Siswa mendengarkan petunjuk guru tentang permainan gajah malenggang (mengamati).
  10. Siswa menirukan gerakan gajah malenggang diiringi musik (mencoba).
  11. Siswa melangkah ke berbagai arah sesuai irama dengan iringan musik (mencoba).
  12. Guru membimbing siswa untuk melakukan permainan membisikan kalimat secara berkelompok dengan percaya diri.
  13. Siswa dibagi ke dalam tiga kelompok dan berbaris dengan rapi (mencoba)
  14. Siswa melakukan permainan membisikan kalimat secara berkelompok berdasarkan petujuk guru (mencoba).
  15. Siswa menunjukkan perilaku mau berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan sekolah ketika bermain (mencoba)
  16. Siswa ditugaskan guru membuat pertanyaan yang jawababnya adalah salah satu kalimat yang dibisikan (menalar).
  17. Siswa menuliskan pertanyaan dengan huruf tegak bersambung secara rapi dengan menggunakan kalimat tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana (menalar).
  18. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan permainan membisikan kalimat (menalar).
  19. Siswa menyebutkan keberagaman teman-teman satu kelas berdasarkan suku bangsa (menalar).
  20. Siswa mengamati gambar aktivitas jasmani (mengamati).
  21. Siswa menceritakan tentang gambar aktivitas jasmani (mengkomunikasikan).
  22. Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan berdasarkan gambar (menalar)
  23. Siswa menjelaskan arti manfaat hidup rukun dalam kemajemukan teman (menalar).
  24. Siswa menujukkan sikap menerapkan permintaan maaf untuk menjaga kerukunan hidup dalam menyikapi kemajemukan (mencoba).
  25. Guru membimbing siswa untuk menceritakan cita-citanya di depan kelas dengan bahasa yang santun.
  26. Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman temanteman satu kelas berdasarkan cita-cita (menalar).
  27. Siswa menceritakan cita-citanya di depan kelas (mengomunikasikan).
150 menit
Penutup
  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Melakukan penilaian hasil belajar
  4. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
  • Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya, dsb.)
  • Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 menit
H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap
:
Perubahan tingkah laku (percaya diri, teliti, dan santun).
b. Penilaian Pengetahuan
:
Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan
:
Pengamatan (Observasi), unjuk Kerja

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
No. Nama Siswa Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri Teliti Santun
BT MT MB SM BT MT MB SM BT MT MB SM
1.
2.
3.
dst...
b.      Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
a.      Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar orang sedang melakukan aktivitas jasmani.
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 1 buah
Kunci jawaban
Badan terasa sehat dan bersemangat
b.      Menjawab pertanyaan berdasarkan permainan membisikan kalimat
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 3 buah
Kunci jawaban
1.      Nama teman-teman dalam kelompok ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)
2.      Jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa
3.      Senang, ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban siswa)
c.       Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar orang sedang melakukan aktivitas jasmani
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian)
Tes tertulis: skor
Banyak soal: 2 buah
Kunci jawaban:
1.      Memutar badan dengan hati-hati agar tidak menyentuh tangan teman
2.      Menolong teman jatuh dan meinta maaf
   
c.       Penilaian Keterampilan
a.      Rubrik Penilaian Gerakan Bersama sesuai dengan Irama (Ketukan ) dengan Iringan Musik.
Penilaian: Pengamatan (Observasi).
No. Kriteria Terlihat Belum terlihat
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi
2. Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan.
3. Siswa mampu bergerak bebas  mengikuti irama ketukan dengan iringan musik.
4. Siswa mampu melangkah ke berbagai arah sesuai dengan iringan musik.
5. Siswa mampu melakukan gerakan gajah Malenggang
6. Siswa mampu mengayunkan lengan ke  berbagai arah sesuai irama dengan iringan musik

Hasil Pengamatan Melakukan Gerakan Bersama sesuai dengan irama ketukan iringan musik.
No. Nama Siswa Kriteria 1 Kriteria 2 Kriteria 3 Kriteria 4 Kriteria 5 Kriteria 6
T BT T BT T BT T BT T BT T BT
1.
2.
3.
dst....
b.      Penilaian: Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Membuat Pertanyaan berdasarkan jawaban pada permainan membisikkan kalimat.
No. Kriteria Terlihat Belum Terlihat
1. Menggunakan kata tanya yang sesuai.
2. Penggunaan tanda baca pada kalimat tanya.
3. Kesesuaian pertanyaan dengan jawaban.
4. Menggunakan kata tanya yang bervariasi.

Hasil Pengamatan Membuat Pertanyaan
No. Nama Siswa Kriteria 1 Kriteria 2 Kriteria 3 Kriteria 4
T BT T BT T BT T BT
1.
2.
3.
dst...

c.       Penilaian : Lembar pengamatan/observasi
Rubrik Menunjukkan Perilaku Mau Berinteraksi Dengan Beragam Teman
No. Kriteria Terlihat Belum Terlihat
1. Sikap mau bermain dengan siapa saja (tidak memilih-milih teman)
2. Sikap menghargai teman.
3. Tidak membeda-bedakan teman.
4. Sikap menerima dengan senang hati kelebihan dan kekurangan teman.

Hasil Pengamatan Menunjukkan Perilaku Mau Berinteraksi Dengan Beragam Teman
No. Nama Siswa Kriteria 1 Kriteria 2 Kriteria 3 Kriteria 4
T BT T BT T BT T BT
1.
2.
3.
dst...
Rubrik Menulis Kalimat Tanya dengan Huruf Tegak Bersambung
No. Kriteria Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
1.
Ketepatan kalimat tanya yang digunakan Terlihat 3 kalimat tanya yang digunakan dengan tepat Terlihat 2 kalimat tanya yang digunakan dengan tepat Terlihat 1 kalimat tanya yang digunakan dengan tepat Tidak ada kalimat tanya yang digunakan dengan tepat
2.
Kebersihan dan kerapian tulisan tegak bersambung. Tulisan tegak bersambung yang dibuat sangat bersih dan sangat rapi. Tulisan tegak bersambung yang dibuat bersih dan rapi. Tulisan tegak bersambung yang dibuat kurang bersih dan kurang rapi. Tulisan tegak bersambung yang dibuat tidak bersih dan tidak rapi.

Rubrik Menceritakan Gambar Orang Melakukan Aktivitas Jasmani
No. Kriteria Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
1.
Kemampuan dalam menyesuaikan cerita dengan gambar Siswa bercerita sesuai dengan gambar secara lancar. Setengah bagian cerita disampaikan sesuai dengan gambar dengan lancar. Kurang dari setengah cerita disampaikan sesuai dengan gambar dengan lancar. Belum mampu bercerita sesuai gambar dengan lancar.
2.
Volume Suara Terdengar sampai seluruh ruang kelas. Terdengar sampai setengah ruang kelas. Terdengar hanya bagian depan ruang kelas. Suara sangat pelan dan tidak terdengar.

Rubrik Memperagakan Ucapan Permohonan Maaf
No. Kriteria Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
1.
Ekspresi Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten. Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten. Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog. Monoton, tanpa ekspresi.
2.
Lafal Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas. Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya. Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya. Hampir seluruh kata belum tepat pelafalannya.
3. Intonasi Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten. Intonasi sesuai dengan dialog kurang konsisten. Intonasi tidak sesuai dengan dialog. Tanpa intonasi.
4. Volume Suara Volume suara keras dan jelas. Volume suara jelas Volume suara kurang jelas. Suara sangat pelan dan tidak jelas.

Mengetahui:
Kepala Sekolah,




( ........................................ )
NIP. ................................
............, ......... 2014
Guru Kelas II



( ................................ )
NIP. ..........................
Kang Hero. Powered by Blogger.