-->
Home » » RPP dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

RPP dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Written By Kang Hero on 12/28/18 | December 28, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           : ............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema : Kasih Sayang
Subtema : Kasih Sayang Allah
Kelas/Semester : I/1
Materi Pokok : Asmaul Husna (Ar-Rahman, Ar-Rahim)
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit

A. KOMPETENSI INTI (KI):
KI-1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. KOMPETENSI DASAR (KD):
1.3 Menerima adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi pemahaman adanya Allah SWT.
3.3 Memahami adanya Allah Swt. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
4.3 Menunjukkan bukti-bukti adanya Allah Swt yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.


C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK):
1.3.1 Mematuhi adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Penyayang.
2.3.1 Membiasakan perilaku percaya diri sebagai implementasi pemahaman adanya Allah SWT.
3.3.1 Menjelaskan bukti adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
3.3.2 Mengidentifikasi karunia Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
3.3.3 Menganalisis karunia Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
4.3.1 Menunjukkan bukti-bukti adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.
Melalui kegiatan muhasabah peserta didik dapat merasakan kebesaran Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
2.
Melalui diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat mengidentifikasi contoh kebesaran Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
3.
Melalui metode bernyanyi peserta didik dapat menjelaskan kebesaran Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
E. MATERI PEMBELAJARAN:
Ar-Rahman dan Ar-Rahim termasuk 2 diantara 99 asmaul husna.
Asmaul Husna artinya Nama-nama Allah yang baik. Ar-Rahman berarti Maha Pengasih dan Ar-Rahim artinya Maha Penyayang. Di antara contoh-contoh Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang adalah disediakan air, udara, makanan dan lain-lain.
F. METODE PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : a) Obervasi
  b) Diskusi
  c) Presentasi


G. SUMBER BELAJAR:
1. Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas I
2. Lingkungan sekitar
3. Media gambar yang mendukung

H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
KEGIATAN URAIAN INTEGRASI REVISI 2017 WAKTU
Pendahuluan
  • Guru menyapa peserta didik dengan mengucapkan salam penuh kehangatan.
  • Guru menanyakan kabar peserta didik serta mengabsen kehadiran mereka dengan mengabsen satu persatu.
  • Peserta didik berdo’a, membaca iqrar, berdzikir, dan bersolawat dipimpin oleh guru atau peserta didik.
  • Guru mengajak siswa untuk menyanyikan Lagu Wajib Nasional “Indonesia Raya”
  • Guru memberi motivasi belajar peserta didik dengan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema yaitu lagu: “Aku berjalan, ikan berenang, ular melata, burung terbang, hujan turun, bunga berkembang, Allah ciptakan karena sayang”
  • Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
  • Guru menjelaskan cakupan materi dan langkah kegiatan yang ada dalam silabus.
  • Melakukan apersepsi dengan menanyakan kepada peserta didik tentang kenikmatan dan karunia Allah berikan kepada kita setiap hambanya seperti “pernahkah kalian mencermati ciptaan Allah yang ada dalam diri kalian?”
  • Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
Integritas



Nasionalis



Religius










10 menit
Inti
  • Guru memperlihatkan berbagai macam gambar tentang ciptaan Allah untuk umat manusia seperti gambar atau foto pemandangan alam, gunung, laut, pantai, taman yang indah serta semua ciptaan Allah (faktual)
  • Peserta didik diajak berdiskusi tentang sifat Maha Pengasih dan Penyayang Allah kepada setiap hambanya (konseptual)
  • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
  • Setiap kelompok diminta menuliskan sikap apa yang sebaiknya kalian lakukan bila temanmu sakit?
  • Setiap kelompok menuliskan lima contoh kasih sayang Allah ditulis di kertas HVS yang sediakan.
  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok di depan kelas.
  • Guru memberikan penguatan terhadap setiap kelompok yang telah mempresentasikan hasil pekerjaannya.
  • Peserta didik diajak melakukan muhasabah atau perenungan terhadap ciptaan Allah yang ada pada dirinya, lingkungan rumahnya dan sekolahnya.
  • Peserta didik dengan suasana yang kondusif diajak untuk melakukan perenungan terhadap nikmat Allah agar mereka bersyukur.
  • Menyanyikan lagu tentang Allah ciptakan karena sayang.
Literasi



Berpikir kritis

Kolaborasi
Komunikasi
Literasi

Komunikasi




Religius


Berpikir kritis
120 menit
Penutup
  • Guru bersama peserta didik memberikan penguatan dan kesimpulan materi pembelajaran tentang Allah Maha Pengasih dan Penyayang .
  • Guru melakukan refleksi terhadap pelajaran yang telah diberikan.
  • Menyanyikan lagu yang berkaitan dengan tema atau materi pembelajaran.
  • Peserta didik mengerjakan test tertulis sebagai post test tentang Allah Maha Pengasih dan Penyayang.
  • Guru memberikan umpan balik terhadap hasil peserta didik.
  • Menjelaskan rencana kegiatan yang akan datang.
  • Berdo’a dengan membaca kafaratul majlis.











Religius
10 menit

I. PENILAIAN:
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap spiritual dan sosial dilakukan dengan teknik pengamatan ketika pembelajaran dan di luar pembelajaran. Catatan pengamatan ditulis sebagai berikut:
Lembar Observasi :
Nama : …………………
Kelas : …………………
Pelaksanaan pengamatan : Di dalam Pembelajaran
Sikap spiritual

Sikap Sosial

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada aspek pengetahuan menggunakan tehnik tes tulis dalam bentuk isian.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Soal Latihan :
1. Ar-Rahman artinya ....
2. Ar-Rahim artinya ....

Penskoran
Benar dan lengkap = 100
Benar dengan 1 jawaban = 50
Tidak menjawab/salah = 0
Nilai akhir = (Perolehan nilai x 100)/ Jumlah skor

Kunci jawaban:
1. Ar-Rahman artinya Allah Maha Pengasih
2. Ar-Rahim artinya Allah Maha Penyayang
Aktivitas dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan santun, dll.


Keterangan:
MK =
Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun belum konsisten).
BT =
Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).


Mengetahui:
Kepala Sekolah,



( ................................. )
.............., ............. 2018
Guru PAI,



( ................................. )

0 komentar:

Kang Hero. Powered by Blogger.